Resensi Buku Otobiografi

Judul Buku : Mecari Ilmu di Tiga Zaman dan Tiga Benua

Penulis : Prof. Dr. Soediono M.P. Tjondronegoro

Penerbit : Sajogyo Institute

Cetakan : Pertama

Tahun : 2008

Jumlah Halaman : xxii + 188 halaman

Belajar di Luar negeri adalah suatu keberuntungan dan prestasi yang tidak dapat diperoleh dengan mudah masyarakat kita . Pengalaman belajardi Luar negeri merupakan pengalaman yang sangat berharga. Soediono M.P. Tjondronegoro adalah orang yang sangat beruntung karena mendapat kesemapatan itu, menyerap tradisi keilmuan di Eropa (Belanda) dan dapat membandingkan dengan tradisi di Amerikaketika belajar di Wisconsin University, hingga mentradisikan dan meneguhkan keilmuannya di Indonesia.

Dalam menulis buku ini Prof. Dr. Soediono M.P. Tjondronegoro mengandalkan memorinya,seperti pengakuan-pengakuan beliau dalam pengantar dan isinya. Buku ini mudah dipahami pembaca karena menggunakan kata-kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Prof. Dr. Soediono M.P. Tjondronegoro menceritakan semua pengalamannya di dalam buku ini. Beliau Lahir do Purwodadi, Kabupaten Grobongan , Jawa Tengah. Pada tanggal 04 April 1928 sebagai putra ketigadariBapak R.M. Soetiyoso Tjondronegoro dan Ibu R.A. Soemilah S. Setelahmenyelesaikan pendidikan di EuropeLarge School (ELS) Purwokerto dan Tegal pada tahun 1940, brdasarkan rata-rata kelulusan ELS, beliau diterima di Hogere Burger School (HBS) Malang, Jawa Timur. Pendidikannya di HBS sempat terputus ketika pecah erang pasifik dan penduduk Indonesia oleh Tentara Jepang pada tahun 1943, beliau meneruskan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta dan Meneruskan Sekolah Menengah Atas(SMA) di Surabaya tahun 1945.Beliau pernah bergabung dalam anggota Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Lalu beliau meneruskan studi ke Universitas Amsterdam pada Fakultas Ilmu-ilmu sosial dengan beasiswa dari Pemerintah Indonesia.

Sebagai Guru Besar Sosiologi di IPB, Prof. Tjondronegoro mencerika banyak pengalaman belajarnya dalam buku ini. Prof. Tjondronegoro banyak menulis judul Tulisan,makalah dan buku.Dalam buku ini Prof. Tjondronegoro bertujuan untuk membandingkan pendidikan di Luar Negeri dan Indonesia.

Buku ini menyerupai buku sejarah karena sejarah bnagsa Indonesia di ceritakan juga dalam buku walaupun sebenarnya buku ini merupakan buku otobiografi karena penulis menceritakan riwayat kehidupannya sendiri.

Dalam Buku ini terdapat banyak bahasa asing yang tidak di ketahui artinya. Buku ini merupakan perjuangan hidup seseorang di tiga zaman dan tiga benua dengan semangat hidup sendiri.

By : Putri Ayu Nur Wijayanti



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Resensi Buku Otobiografi"

Posting Komentar