CERPEN 3

SORRY TO EVER FORGET YOU 'PAPA'

Biasanya bagi seorang anak perempuan yang telah beranjak dewasa, yang sedang bekerja di daerah perantauan, yang ikut suaminya keluar kota atau negri, yang sekolah atau kuliah jauh dari orang tuanya, akan lebih sering merasa kangen dengan mamaanya. Lalu bagaimana dengan Papa?Mungkin karna mama lebih sering menelphon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu? jika ternyata papalah yang meningatkan mama untuk menelphonmu.
Mungkin dulu sewaktu kecil, mama lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng tapi tahukah?. Bahwa sepulang papa bekerja dan dengan wajah lelah papa selalu mnanyakanmu Pada saat kamu masih seorang anak perempuan keccl, Papa yang biasanya mngajari putri kecilnya naik sepeda dan setelah Papa menggangpmu bisa, Ia akan melepaskan roda bantu di sepedamu. Kemudian mama berkata jangan dulu di lepas roda bantunya, karna mama tidak ingin putrinya jatuh dan terluka. Tapi sadarkah bahwa papa dengan yakin membiarkanmu, menatapmu dann menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karna ia yakin KAMU PASTI BISA.
Pada saat dirimu merengek meminta boneka atau mainan baru, mama akan menatapmu iba, tapi papa akan mengatakan dengn tegas 'boleh, kita beli nanti tapi tidak sekarang' papa melakukan itu karna tidak ingin kamu jadi anak yang manja dengan semua tuntutan yg slalu dpt dituruti. ketika km sudah beranjak remaja, kamu mulai menuntut untuk dapat izin keluar malam dan papa bersikap tegas mengatakan 'tidak boleh'. Tahukah kamu, bahwa papa melakukan itu untuk menjagamu,karena baginya kamu adalah sesuatu yg sangat-sangat paling berharga. Setelah itu kamu masuk kamar dengan membanting pintu, dan mama akan mengetuk pintu dan menasihati dengan lembut, tapi papa memejamkan mata dan menahan gejolak dalam batinnya.

Saat seorang cowo mulai sering menelponmu atau bahkan datang kerumah menemuimu, papa akan memasang wajah paling cool sedunia, papa sesekali akan menguping atau mengintip saat kamu ngobrol berdua diruang tamu,sadarkah bahwa hati papa merasa cemburu :)Saat kamu mulai lebih dipercaya dan papa melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya. Maka yang dilakukan papa adalah duduk diruang tamu dan menunggumu pulang dengan khawatir dan setelah rasa khawatirnya berlarut-larut, ketika melihat putrinya pulang larut malam, ia akan marah tapi itu karena ia takut jika putrinya akan meninggalkannya .

Setelah lulus sma, papa akan sedikit memaksamu untuk menjadi dokter atau insinyur, ketahuilah bahwa seluruh paksaan itu semata-mata hanya karna ia memikirkan msa depanmu, tapi toh ia tetap tersenyum dan mendukung setiap pilihanmu.Ketika kamu menjadi gadis dewasa, dan kamu harus kuliah di kota lain, papa harus melepasmu.Tahukah kamu, bahwa badan papa terasa kaku untuk memelukmu. Papa hanya bisa tersenyum sambil memberi nasehat ini-itu dan menyuruhmu untuk menjaga diri. Padahal papa ingin sekali menangis seperti mama dan memelukmu erat - erat. Tapi dibalik it, papa menghapus air mata disudut matanya. Papa begitu agar kamu kuat saat kamu butuh uang untuk semesteran dan kehidupanmu, papa adalah orang pertama yang mengerutkan kening, papa pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya dapat mersa sama denagn teman - temannya.

Ketika permintan mu bukan lagi sekedar boneka, dan papa tau ia tidak bisa memberi, kata2 yang keluar adalah tidak bisa, tp padahal papa ingin berkata iya, saat itulah ia merasa telah gagal membuat anaknya tersenyum. saatnya kamu diwisuda, papa adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untuk mu, papa akan tersenyum bangga melihat putri kecilnya yang tidak manja tambah dewasa dan telah jadi seseorang.
Sampai saat seorang teman lelakimu datang krumah dan meminta izin untuk mengambilmu darinya, papa akan sangat hati-hati memberi izin, karena papa tau bahwa lelaki itu yang akan mengantikan posisinya nanti. dan akhirnya, saat melihatmu duduk dipelaminan dgn lelaki itu, papa akan tersenyum bahagia.Apakah kamu tau? bahwa dihari bahagia itu, papa pergi kebelakang pelaminan sebentarDan menangis. ia menangis akrena bahagia kemudian berdoa, dalam lirih doanyaIa berkatanya Allah, tugasku telah selesai dengan baik' putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik, bahagiakan dia dengan suaminya.

Setelah itu, papa hanya bisa menunggu kedatangan mu bersama cucu-cucunya nanti yang sesekali datang menjenguk. dengan rambut yang telah dan semakin memutih dan bdn serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya, papa telah menyelesaikan tugasnya..Papa, Bapak, Ayah atau lainnya adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat untuk tidak menangis. Dia harus terlihat tegas bahkan saat ia ingin memanjakanmu dan dia adalah orang pertama yang selalu yakin bahwa KAMU BISA dalam segala hal. I LOVE YOU PAPA.

Tanggal : 27 Desember 2009




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "CERPEN 3"

Posting Komentar